Sejarah Kopi di Dunia maupun Indonesia

Setelah menulis tentang jenis kopi yang ada di dunia maupun Indonesia, saya jadi kepingin berbagi artikel tentang sejarah kopi yang ada di dunia maupun Indonesia juga. Langsung aja deh. Selamat menyimak!

Sejarah kopi berawal pada abak ke – 9 di daratan tinggi Ethiopia lalu menyebar ke negara Mesir dan Yaman. Sampai, pada abad ke – 15 menjangkau luas ke negara Afrika Utara, Persia, dan Turki.

Permulaan Sejarah Kopi


Awalnya, pada tahun 1512 masyarakat tidak menerima keberadaan kopi itu. Bahkan, Majelis Keagamaan di Makkah tidak memperbolehkan masyarakatnya untuk mengkonsumsi kopi dikarenakan efek yang timbul dari mengkonsumsi kopi itu sendiri.
Tapi makin kesininya, kesultanan Mesir yaitu Sultan Selim I menghilangkan larangan untuk mengkonsumsi kopi itu. Pada abad ke 17 pun kopi mulai menyebar lalu popular di beberapa negara di Eropa.

Menurut sejarah kopi yang diambil dari situs Wikipedia mengatakan, orang – orang Belanda lah yang pertama kali mengimpor kopi dalam jumlah besar. Selain mengimpor dalam jumlah besar, orang Belanda pada tahun 1690 – 1691 juga mulai menyelundupkan kopi karena tanaman kopi mentah tidak diijinkan keluar dari wilayah Arab. Tidak hanya stop disitu, dan sampe sekarang kopi yang dibawa oleh orang – orang Belanda itu bisa sampai ke Indonesia yaitu pulau Jawa. Itulah awalnya kopi bisa ditanam oleh orang Belanda.

Sejarah Kopi di Indonesia


Kenapa sih bisa dinamain Kopi? Nah kata “kopi” itu sendiri berasal dari bahasa Arab yaitu “qwah” yang artinya kekuatan. Kata “qwah” kemudian dikembangkan oleh bangsa Turki menjadi kata “kahveh” dan orang Belanda menyebutnya dengan “koffie”.
Pada zaman Belanda di Indonesia, kata “koffie” lama – kelamaan mulai diserap oleh orang Indonesia menjadi kata “kopi”. Sampai saat ini pun kita masih menyebut buah / minuman itu kopi. Hehe.
Sejarah kopi di Indonesia berawal dari pertumbuhan ekonomi dan budaya masyarakat Indonesia. Indonesia memiliki iklim yang sangat cocok dalam produksi dan pertumbuhan kopi. Sampai sekarang, Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor kopi di dunia, khususnya kopi jenis Robusta dan jenis Arabika.

Nah itu dia tulisan saya tentang sejarah kopi. Semoga bermanfaat yaa. Sekian dan terimakasih!

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

About