Berbagai Macam Cara Membuat Kopi


Ada beberapa cara membuat kopi, dari yang simpel sampai yang susah. Oya, sebelumnya saya mau ngucapin selamat pagi dulu nih ke teman – teman pembaca. Sudah ngopi kah pagi ini? Hehehe. Nah, pada tulisan ini, saya akan membahas tentang beberapa cara membuat kopi dari mulai yang simpel hingga yang agak ribet dikit. Sudah siap? Baik, yuk simak tulisan saya!

Instant Coffee


Nah, cara membuat kopi dengan instant coffee ini menurut saya adalah cara yang termudah. Saya rasa teman – teman pembaca juga mempunyai pendapat yang sama. Wong tinggal ambil gelas, robek saset, tuangkan bubuk kopi kedalam gelas, lalu seduh dengan air panas. Hmm.. Bagi orang yang mengutamakan cita rasa kopi yang istimewa mungkin tidak senang dengan cara satu ini. Cara ini cocok untuk seseorang yang ingin menikmati kopi dengan cepat.

Single Serve Coffee Machine


Cara membuat kopi dengan mesin ini pas banget buat mereka yang ingin menikmati kopi dengan cepat, selain Instant Coffee tadi yaa. Tidak perlu bingung untuk menghitung porsi bubuk kopinya seberapa, karena sudah disediakan kemasan kopi bubuk yang porsinya sudah pas untuk secangkir kopi. Teman – teman hanya perlu menuangkan kemasan itu ke dalam mesin kopi lalu panaskan. Jadi deh!

Espresso


Buat temen – temen yang sering nongkrong ke coffee shop familiar banget deh dengan alat ini, ya gak? Cara membuat kopi dengan Espresso ini memang banyak kita temukan di coffee shop. Mesin Espresso ini adalah mesin kopi yang bisa dibilang sangat canggih, bisa ngatur semuanya dalam pembuatan kopi. Mesin ini ada dua jenis, yaitu manual dan otomatis. Kalo yang teman – teman temukan di coffee shop itu biasanya mereka gunakan yang manual. Nah sedangkan kalo pengin beli mesin ini untuk dirumah, saya saranin yang otomatis aja, karena lebih praktis tis tiss.. hehe.

Turkish Coffee


Nama lainnya adalah Arab Method. Cara membuat kopi seperti ini adalah nenek moyangnya pembuatan kopi yang pertama nih, yaitu pembuatan kopi yang pertama kali ditemukan. Cara ini cocok banget buat teman – teman yang menginginkan kopi dengan rasa yang strong dan concentrated. Kalau teman – teman merupakan orang yang suka kopi macam itu, kenapa tidak dicoba? Hehe. Cara pembuatannya memang agak sedikit merepotkan sih buat teman yang pengin buatnya dirumah. Kalian mesti punya alat penggiling kopi yang namanya kahve degirmeni dan juga bejana yang namanya ibrik. Nama yang aneh ya? Memang, namanya juga Turkish Coffe, ya namanya gak jauh – jauh dari Turki lah. Biji kopi digiling dulu, lalu diletakan di ibrik itu, oya jangan lupa gula dan air diletakan juga disana ya. Ribet? Memang. Hehe.

Cold Water Method


Cara membuat kopi dengan metode ini memiliki nama lain yaitu cold brew coffee. Buat yang suka praktis – praktis gak akan suka deh dengan cara ini. Kenapa? Karena kopi hasil pembuatan dengan cara ini mesti didiamkan selama 12 jam baru bisa diminum. Lama? Sudah pasti. Hahaha. Jadi mesti sabar dulu ya demi bisa menikmati kopi dari cara Cold Water Method ini. Denger – denger kopi dingin hasil dari pembuatan cara ini berteman dekat banget buat temen yang punya kesensitifan perut dengan asam kopi. Horeee.. Haha. Oya, kopi ini biasa disajikan panas, bisa dingin, ataupun dicampur dengan bahan – bahan yang lain misalnya coklat. Boleh tuh dicoba buat temen – temen yang suka menunggu ya. Lumayan, latihan sabar, nunggu 12 jam coy!

French Press


Cara membuat kopi dengan French Press memang familiar, selain Espresso tadi. Kalian bisa liat cara ini di coffee shop disekitar daerah kota kalian. French Press juga dikenal dengan Cafetiere atau Plunger. Kopi yang di hasilkan oleh alat dari cara French Press ini memiliki cita rasa yang mantap dari bubuk kopi itu sendiri. Kalo mau bikin kopi ini dirumah, bisa banget! Kalian beli biji kopi dulu di coffee shop terdekat yang ngejual. Harga alatnya juga gak mahal dan gampang dicari. Trus coba deh bikin sendiri dirumah. Ceritanya nyobain jadi barista, ya gak? Hehehe.

Drip Method


Nah, cara membuat kopi yang terakhir ini bisa disebut juga cara kopi tetes atau dalam bahasa lainnya disebut Filter Method. Cara ini merupakan cara yang paling banyak dipakai karena caranya yang sederhana dan juga keefisienannya. Berikut langkah – langkah membuat kopi dengan cara ini. Air dituangkan ke bubuk kopi yang sudah ditaruh diatas kertas saring, kedalam bejana kopi. Setelah itu, panaskan bejana kopi tersebut dan kopi siap dinikmati. Kopi yang dihasilkan sangat lembut dan juga memiliki cita rasa yang mantap! Perlu di coba nih, hehehe.

Nah itu dia tuh beberapa cara membuat kopi pilihan saya. Sebenarnya masih banyak sih cara yang unik dan keren. Tapi, saya pengin teman – teman pembaca kreatif dalam pembuatan kopi. Siapa tau, cara yang teman – teman temukan dan pakai nanti akan menjadi trend pembuatan kopi dimasa datang? Who knows. Hehe. Sekian tulisan saya kali ini, selamat pagi dan selamat menikmati secangkir kopi. Terimakasih!


0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

About