Jenis - jenis kopi yang ada di Dunia maupun Indonesia


Halo selamat pagi para pecinta kopi. Apa kabarnya nih? Cuaca pagi yang dingin gini enaknya ditemani secangkir kopi hangat ya. Setuju? Hahaha. Kembali lagi nih ketemu saya, walaupun di dalam blog tapi tulisan saya berbicara. Heheh.

Nah kali ini saya akan ngebahas tentang beberapa jenis kopi yang ada di dunia maupun akirat (lho?!). Hehe yang tadi bercanda yaa, serius amat pak pagi – pagi. Bercandaan sama kopi di cangkir itu seru lho (wah ini lebih gila lagi). Hahaha. Oke – oke kita serius sekarang. Ya, saya akan mengulas tentang beberapa jenis kopi yang ada di dunia. Yaudah, langsung aja. Yuk simak!

Kopi Robusta


Kopi ini adalah jenis kopi spesies asli dari Negara Afrika bagian tengah dan barat, daerah Sahara. Kopi ini termasuk dalam keluarga Rubiaceae. Walaupun dikenal sebagai Kopi Robusta, namun secara ilmiah jenis kopi ini diidentifikasi sebagai coffea canephora, yang mempunyai dua varietas yaitu Robusta dan Nganda.

Kopi Arabika


Kopi ini adalah jenis kopi yang berasal dari tanah Brasil dan Etiopia. Diyakini, Kopi Arabika ini adalah spesies kopi pertama yang dibudidayakan oleh masyarakat Etiopia selama lebih dari 100 tahun. Kopi arabika mengandung lebih sedikit kafein daripada jenis kopi lainnya. Itu yang membuat jenis kopi ini lebih nikmat ketimbang kopi robusta.

Kopi Luwak


Kopi ini adalah jenis kopi yang harganya mahal dan juga proses produksinya yang unik. Pada tau kan produksinya kaya gimana? Yaps, kopi luwak merupakan hasil dari biji kopi yang dimakan oleh binatang Luwak, setelah itu Luwak mengeluarkan kotoran. Di kotoran itu masih terdapat biji kopi yang tidak tercerna oleh sistem pencernaanya. Itu yang membuat rasa kopi Luwak menjadi eksotis dan tentunya mantap!

Kopi Toraja


Kopi ini adalah jenis kopi yang berasal dari Tana Toraja, Sumatera. Kopi toraja mempunyai kandungan asam yang sedikit dan biji kopinya yang berbobot. Kopi ini sangat terkenal, bahkan Negara Jepang dan Amerika Serikat sudah mematenkan kopi ini. (saya gak tau harus sedih atau bangga).

Kopi Kolombia


Kopi ini adalah jenis kopi yang ditanam di dataran tinggi Negara Kolombia. Memang, Kolombia merupakan Negara dengan penghasil kopi kedua terbesar didunia. Kopi Kolombia merupakan salah satu kopi yang terkenal dan terbaik di dunia. Teksturnya yang padat, kaya akan rasa, dan sangat seimbang membuat pecinta kopi senang akan jenis kopi ini.

Nah itu dia postingan beberapa jenis kopi dari saya. Kopi itu unik yaa, bermacam – macam jenisnya dan juga berasal dari berbagai Negara. Saya penasaran dengan kopi Toraja itu, rasanya bagaimana ya? Soalnya belum pernah ngerasain. Hehe. Suatu saat kalo ada kesempatan, mudah –mudahan bisa main ke Toraja terus nyicipin kopi khasnya (kok jadi curhat?! Ahaha). Sekian dulu deh postingan dari saya tentang jenis kopi. Terimakasih!

Eits, setelah tau jenis - jenis kopi, pasti pengin tau kan cara membuat kopi itu seperti apa? Yuk klik!

0 komentar:

Poskan Komentar